Megow Pak Bantah Dukung Amalsyah

11/09/2013 22:55

JATIAGUNG-Lembaga Adat Megow Pak Tulangbawang (LAMPTB) membantah, telah mendukung Amalsyah Tarmizi dan Gunadi Ibrahim dalam kompetisi kekuasaan di Lampung.

Hal ini terungkap, dari rilis yang dikirimkan ke harian ini, sekretaris Sekretaris LAMPTB, Damia (gelar Mn. Makou Bumi), mengenai pemberitaan di media cetak/online lokal dan nasional tentang pilgub Lampung, beberapa hari ini.

Dia menyatakan, keputusan dukungan calon LAMPTB dilakukan dengan Musyawarah adat. "Segala sesuatu berkenaan dengan sikap dan keputusan LAMPTB di putuskan melalui PEPUNG (musyawarah adat) Perwatin. Sampai saat ini belum pernah mengadakan pepung untuk dukungan terhadap calon gubernur, artinya LAMPTB belom memutuskan apapun tentangg pilgub," ujarnya.

Dirinya menyatakan,  secara Kelembagaan LAMPTB tidak masuk dalam politik praktis. Namun, pihaknya mendorong siapapun maju pilgub, sepanjang berkomitmen untuk Lampung.

"LAMPTB akan mendorong siapapun yg maju ke pilgub lampung sepanjang komitmennya terhadap kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Lampung," kata dia.

Dirinya mengatakan, hingga saat ini pihaknya tetap memegang teguh kepercayaan adat Lampung.

"LAMPTB tetap berkomitmen agar penghargaan terhadap masyarakat hukum adat lokal bukan hanya semu serimonial belaka serta dipergunakan sebagai ajang komersial dan politik," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, jika kehadiran Ketua LAMPTB, Wan Mauli Sanggem, ke tempat Amalsyah Tarmizi merupakan langkah pendekatan ke cagub.

"Kehadiran dan pertemuan ketua LAMPTB  dengan siapapun adalah suatu pendekatan terhadap pertemanan dan silahturahmi untuk menyikapi tentang kerawanan konflik sosial yg dapat timbul akibat sengketa tanah dan situasi politik pilgub yang tidak menentu," tegasnya.

Kemudian, menurut putri  Ketua LAMPTB Wan Mauli Sanggem, Novelia Sanggem  melalui telepon selulernya mengatakan, bila pertemuan antara ayahnya dengan cagub Independent Amalsyah, Jumat (6/9) malam itu bukan  untuk memberikan dukungan.

"Kami diundang dan dijemput untuk datang. Kami tidak tahu kalau malam itu akan banyak wartawan di situ," kata Novel, sapaan akrabnya.

Dirinya menyatakan, ayahnya Wan Mauli sama sekali tidak menyinggung maupun memberikan pernyataan memberikan dukungan terhadap pasangan Amal berGUNA meskipun didesak pertanyaan wartawan apakah LAMPTB secara resmi mendukung pasangan Amal berGUNA.

"Malam itu  ayah saya menyatakan bahwa mempersilahkan untuk meneruskan semangat perjuangan LAMPTB sepanjang dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mewujudkan masyarakat adat yang makmur, adil dan sejahtera. Jadi jelas tidak ada sepatah katapun yang menyebutkan bila ayah saya memberikan dukungan kepada Pak Amalsyah," tuturnya.

Aktivis PRD ini justru menuding bila pihaknya sengaja dijebak agar memberikan dukungan.

"Ya bisa jadi ini jebakan politik.Untuk itulah semuanya harus diklarifikasi agar masyarakat tidak salah menilai kami," tegasnya.  (tim)